nusakini.com--- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan Perum Bulog untuk membeli bawang merah petani seharga Rp 15 ribu per kilogran dalam upaya membantu petani agar tetap memperoleh keuntungan dan bergairah menanam komoditas itu. 

Hal tersebut disampaikan presiden saat bertatap muka dengan sejumlah redaktur media massa, yang juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, serta Juru Bicara Presiden Johan Budi.

"Saat ini produksi bawang merah melimpah dan dengan Bulog membeli seharga Rp 15 ribu per kilogram maka petani sudah memperoleh keuntungan," kata Presiden Joko Widodo kepada pers di Istana Negara Jakarta, Kamis (14/7). 

Menurut presiden, pemerintah menurut rencana juga akan ekspor bawang merah mengingat saat ini produksi komoditas pertanian itu di dalam negeri melimpah di sejumlah daerah yang alami panen raya secara bersamaan. 

Saat ini harga bawang merah di pasaran mencapai Rp 11-12 ribu per kilogram dan dengan harga itu petani mengalami kerugian. 

"Nanti kalau harga anjlok dan tidak ada yang beli justru petani tak mau lagi menanam bawang merah. Ini yang harus kita hindari," kata Presiden Jokowi. (r/ab)